Jumlah Hewan Kurban Idul Adha Masjid Darul Muttaqien, Pontianak Meningkat Terus dari Tahun ke Tahun


Daging kurban dibagikan per kantong plastik transparan
[ A+ ] /[ A- ]

Perbesar huruf klik A+ di atas

“Lima hari menjelang Idul Adha 1442 H atau Hari Raya Kurban, Walikota Pontianak – Edi  Rusdi Kamtono mengingatkan, prosesi pemotongan dan pembagian hewan kurban tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini perlu dilakuka untuk menghindari atau menyegah terjadinya kerumunan orang.”

UNTUK itu, Edi Kamtono mengimbau agar daging kurban didistribusikan langsung ke masyarakat yang berhak menerimanya dengan mengantarnya secara door to door alias dari rumah ke rumah.

“Usahakan daging kurban dibagikan langsung ke masyarakat secara door to door sehingga tidak menimbulkan antrian dan kerumunan,” ujarnya, Kamis (15/7-2021).

“Kita berharap seluruh masyarakat bisa memahami kondisi sekarang ini dimana Pontianak masih dalam zona merah dan masa PPKM Darurat,” ucapnya.

Diketahui PPKM Darurat di Kota Pontianak telah berjalan sembilan hari, memperpanjang masa PPKM sebelumnya, 12 s/d 20 Juli 2021.  “

“Kunci keberhasilan agar Pontianak keluar dari zona merah tergantung pada kepatuhan masyarakat terhadap aturan PPKM Darurat”, harapnya.

Terkait petunjuknya ikhwal pemotongan dan pembagian daging kurban dalam suasana pandemi Corona dewasa ini, ada yang menarik dari Masjid “Darul Muttaqien.”

Kalangan pengurus masjid yang beralamat di Jalan Tabrani Akhmad, Pontianak Barat itu, menanggapi santai saja petunjuk walikotanya. Mengapa ? Tak lain karena sejak berdirinya mesjid ini sekitar 35 tahun silam, terkait pemotongan dan pembagian daging kurban, selalu dengan sistem door to door. Tak pernah dengan pembagian kupon yang dapat mengundang kerumunan.

Pengulitan Kambing Kurban Darul Muttaqien

Tiap tahun pada setiap 1,6 bulan menjelang Idul Adha, biasa pihak masjid yang dapat menampung sekitar 500 jamaah itu, sudah membentuk panitia penerimaan dan pembagian daging kurban. Panitia sudah mempunyai data best kepada siapa saja daging kurban mesti dibagikan, sesuai sunnah 3 golongan yang berhak menerimanya.

“Alhamdulillah, penerimaan hewan kurban tahun ini ada peningkatan dibandingkan tahun lalu,” kata H Rasidi, ketua pemotongan hewan kurban Idul Adha 1442 H.

Menurutnya, di Idul Adha 1441 H, “Darul Muttaqien” menerima dan membagikan daging  13 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Tahun ini 16 ekor sapi dan 14 ekor kamping.

“Besok pagi, kita baru mulai memotong sapi, dan anggota panitia yang berperan langsung membagikan ke rumah masing-masing penerima,” kata Rasidi di tengah kesibukan panita menyelenggarakan penyembilihan kambing di kawasan Masjid “Darul Muttaqien”, Selasa (20 Juli 2021).

“Besok kami perhitungkan bakal ada 2000 kantong dari 16 ekor sapi, per/kantongnya 1 kg,”, kata H Raharjo, koordinator pemotongan menjelaskan. *BNTime

(Visited 49 times, 2 visits today)

Comments are closed.