Menguak Fakta di Tengah Wabah Corona: Madu dapat Memperkuat  Daya Tahan Tubuh. Madu Terbaik No.2 di Dunia ada di Kapuas Hulu, Kalbar


H.Eko Dharmawan dan Madu Terbaik Indonesia (BNTime)
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

“Lebih dari 1.400 tahun silam, Allah SWT mewahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit.”

MADU disebutkan di dalam Al-Quran sebagai sumber penyembuhan:

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (Quran Surat An-Nahl Ayat 68-69)

Dalam ayat lainnya, madu juga digambarkan sebagai salah satu makanan yang ada di surga: (Qur’an Surat Muhammad ayat 15)

Terkait madu sebagai obat untuk penyembuhan, terdapat pula beberapa hadis yang meriwayatkannya.

Namun terkait merebaknya virus Corona atau Covid-19 dewasa ini, kita batasi pada peran madu untuk menguatkan daya tahan tubuh dari segala macam serangan kpenyakit.

 

Mengonsumsi madu dalam kehidupan sehari-hari, menurut dr Brilianto M Soenarwo, penulis buku ‘Sehat ala Rosul’, ketika bangun tidur, dikutip dari ganaislamka.com, Nabi selalu mengambil madu. “Cara Rasul minum madu mungkin berbeda dengan kita, kebanyakan, kita mungkin minum madu yang sudah dicairkan dengan air,” ujarnya.

Praktisi kesehatan yang akrab disapa dokter Toni itu menjelaskan, bahwa Nabi mengambil madu lalu mengulum di mulutnya hingga lumer ketika bercampur dengan air liur. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa madu yang mengandung fruktosa lebih baik dicampur atau bercampur dengan air liur agar mudah larut dan dicerna oleh lambung.

Tetaplah jaga kebersihan di setiap kesempatan. Kebersihan adalah sebagian dari iman!!

Kebiasaan Nabi mengkonsumsi madu di pagi hari ternyata berkaitan dengan soal pencernaan, yakni mencegah penyakit maag. “Pada pagi hari perut kosong karena Nabi makan malam ringan sekitar jam delapan malam. Madu dapat melapisi dinding lambung sehingga Nabi tidak terkena maag,” ujar dokter Toni. Nabi biasanya makan malam dengan porsi yang sedikit, untuk porsi makan yang lebih banyak Nabi biasa melakukannya ketika makan siang.

Larangan Medis

Meskipun Al-Quran dan hadis menganjurkan madu untuk penyembuhan dan kesehatan, namun secara medis terdapat beberapa pengecualian untuk kondisi tertentu. Untuk kondisi-kondisi di bawah ini, sebaiknya orang-orang lebih berhati-hati dalam mengkomsumsi madu:

  1. Bayi di bawah usia satu tahun sebaiknya tidak diberi madu karena kemungkinan dapat mengalami botulisme(keracunan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum). Keracunan makanan jenis ini bisa mematikan, bagaimanapun, tampaknya hal tersebut hanya mempengaruhi bayi di bawah usia satu tahun.
  2. Jika anda memiliki alergi terhadap tanaman tertentu, maka anda harus memastikan bahwa madu yang anda konsumsi tidak diproduksi dari tanaman itu.
  3. Orang-orang yang alergi terhadap sengatan lebah harus berhati-hati saat menggunakan produk terkait lebah lainnya seperti propolis atau royal jelly.

Di luar ketiga hal di atas, maka madu secara medis sangat bermanfaat bagi kesehatan dan penyembuhan.

Dikutip dari medcom.id, diantara banyaknya pilihan bahan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, madu bisa menjadi pilihan tepat. Madu adalah produk dari alam yang memiliki banyak manfaat terutama untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Apa saja manfaat madu bagi tubuh kita?

1. Membunuh Bakteri

Madu mengandung sifat membunuh bakteri dan membantu melawan partikel asing. Kandungan vitamin dan mineralnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara antioksidan dalam madu mengendalikan pertumbuhan radikal bebas.

Dikutip dari Klikdokter.com, beberapa penelitian yang dilakukan di laboratorium nutrisi olahraga di University of Memphis menemukan bahwa madu sebanding atau bahkan lebih baik daripada air glukosa (gula) dalam menunjang kemampuan ketahanan tubuh atlet. Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memperkuat temuan tersebut.

2. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek merupakan salah satu gejala dari covid-19. Namun, Anda jangan langsung  panik. Segera konsumsi air hangat dengan madu, karena dapat membantu membangun perisai terhadap b

Gunakan masker secara baik dan benar

Alodokter.com menyebutkan, mengonsumsi madu sebelum tidur membantu mengurangi batuk pada orang dewasa dan anak-anak berusia dua tahun ke atas.

3. Meningkatkan Energi

Madu adalah penambah energi cepat karena kandungan gula alami di dalamnya. Glukosa di dalam madu diserap dengan cepat, memberikan dorongan energi langsung. Sementara, fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat.

4. Fungsi Detoks

Dikutip Boldsky, mencampurkan madu dan air hangat  memiliki efek detoksifikasi pada tubuh. Cara ini membantu untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Istirahat cukup merupakan poin penting lainnya dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi air madu membantu meningkatkan kualitas tidur, karena madu melepaskan serotonin, neurotransmitter untuk meningkatkan suasana hati. Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin untuk mengatur kuantitas dan kualitas tidur.

Manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan dari madu murni berkualitas baik. Oleh karena itu sebelum memilih madu, penting untuk  cek terlebih dahulu kelaikan produk madu tersebut. Dalam memilih madu murni berkualitas baik.

Madu Kapuas Hulu 

Di tanah air biasa kita melihat orang menjajakan madu botolan dengan aksesoris ember berisi sarang lebah dan ada lebahnya yang katanya madu dari NTB. Tapi jangan terkecoh, seringkali yang katanya madu asli tersebut adalah campuran air gula. Jadi tidak asli, satu bulan kemudian akan nampak endapan air gulanya.

Ada dua cara untuk mengetahui asli tidaknya madu. Pertama, semut tidak akan mengerumuni manisnya madu. Kedua, celupkan pentul korek api ke madu lalu goreskan, pentul korek api akan tetap menyala, tidak seperti kalau dicelupkan ke air biasa akan menjadi basah. Cara membawa atau mengisi madu pun cukup unik, tidak boleh penuh di wadahnya, seperti botol atau jerigen, karena madu juga mengandung gas yang terus menguap menambah penuh sendiri. Dapat meledak jika kepenuhan mengisinya. Cukup diisi 2/3-nya saja.

Menurut hasil penelitian WHO dan NGO dunia sekitar 15 tahun silam, madu terbaik nomor 1 di Indonesia adalah madu alami dari Kabupaten Kapuas Hulu  yang punya 23 Kecamatan.

Sedangkan madu terbaik dunia adalah madu India, disusul terbaik kedua Indonesia dari beberapa kecamatan tertentu di Kapuas Hulu itu, sebuah kabupaten paling timur di Kalimantan Barat.  Satu tahunnya bisa menghasilkan antara 100 – 150 ton madu, baik untuk ekspor maupun kebutuhan konsumsi lokal.

Jarak tempuh Pontianak, ibukota Kalbar, ke Putussibau (ibukota Kapuas Hulu), 1 (satu) jam penerbangan atau 12 jam transportasi darat, mobil.

Banyak penyalur atau pengecer madu asli di Pontianak, banyak juga yang tidak bertahan lama karena berbagai alasan. Salah satunya yang masih bertahan hingga sekarang sejak 1997 adalah madu yang diberi label Hanif, atau dikenal sebagai Madu Hanif.

Menurut Haji Eko Dharmawan, pengecer Madu Hanif, madu asli yang diedarkannya, merupakan madu asli yang dikumpulkannya dari petani madu di Desa Ujung Said Kecamatan Jongkong, Kab.Kapuas Hulu. Dia akan sering ke Kapuas Hulu bawa sendiri mobilnya, jika persediaan madunya mulai menipis.

Harga eceran Madu Hanif

1,5 kg Rp.350,000, 1,25 kg Rp.300,000, 1 kg Rp.240,000,- dan yang  800 gram Rp.200,000.- dalam wadah jerigen kecil.

Lainnya per/botol 600 gram Rp.160,000, 400 gram Rp.100,000, 300 gram Rp.80,000,-, 200 gram Rp.65,000,-, botol terkecil bermuatan 100 gram Rp.30,000.-.

Menurut H Eko Dharmawan yang Ketua PHBI Masjid Darul Muttaqin, Pontianak itu, untuk peminat dari luar daerah ditambah ongkos kirim yang pengemasannya dibuatkan oleh perusahaan jasa pengiriman sesuai standard pengirimanan tertentu.

Eko Dharmawan yang beralamat persis di belakang masjid Darul Muttaqin, di Jl Tabrani Ahmad Gang Risa No.65 Pontianak Barat, memberikan nomor HP 08215-888-7974 atau ke alamat lainnya di Jalan Danau Sentarum Komplek Sentarum Sejahtera I No.B42, Pontianak Kota.

“Dari hasil penjualannya, kita juga ada berinfaq ke masjid”, pungkasnya. *BNTime

(Visited 43 times, 1 visits today)

Comments are closed.