Tentang Kami

[ A+ ] /[ A- ]

VISI – MISI
SITUS PORTAL BERITA
www.borneonusantaratime.com

UMUM

SITUS BERITA Online borneonusantaratime.com diterbitkan berdasarkan badan hukum oleh Notaris Elisabeth Veronika Ely, SH, MH, M.Si. Akte No.01 Tahun 2013, tanggal 1 April 2013 tentang Akta Pendirian Perseroan Komanditer CV., diterbitkan dan Terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kelas I-A Kota Pontianak dengan Nomor 241 / PN.Pontianak / 2013 tanggal  18 April 2013 dengan nama CV. Antariksa Antarnusa.

Setelah berdirinya CV.Antariksa Antarnusa pada tanggal 1 April 2013 berdirilah situs berita Online bernama www.borneonusantaratime.com dan online perdana pada pukul 00.00 WIB, tanggal 10 Apr 2013.

Situs Berita Online ini, diberi nama BorneoNusantaraTime yang disingkat BNT. Nama BorneoNusantaraTime untuk memberikan identitas jelas atau mengandung nilai jatidiri, historia dan kedekatan emosional masyarakat Borneo khususnya Borneo bagian Barat (Kalimantan Barat) yang merupakan bagian tak terpisahkan atau satu kesatuan dari bumi nusantara.

DASAR HUKUM

Situs Berita Online www.borneonusantaratime.com, diterbitkan berdasarkan:

  • UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers.
  • Akta Notaris Elisabeth Veronika Ely, SH., MH., M.Si No.01 Tgl. 1 April 2013 tentang pendirian Perseroan Komanditer CV.Antariksa Antarnusa.
  • Surat Keputusan Direktur CV.Antariksa Antarnusa No.01 Tahun 2013 tanggal 10 April 2013 tentang Penerbitan Situs Berita Online www.borneonusantaratime.com

KATEGORI ONLINE

Ada pun isi, konten atau kategori (halaman) situs berita www.borneonusantaratime.com adalah:

Sifat Isi : U m u m
Presentase Isi : ± 70% berita, tulisan dan foto, ± 30% pariwara dan atau iklan
Bahasa : Indonesia, Inggris dan sejumlah bahasa Negara lainnya.
Kategori : 16 kategori
Daerah Liputan : Kalimantan Barat serta Nasional umumnya.

 

ALAMAT

Alamat Website : http://www.borneonusantaratime.com
Alamat E-mail : redaksi@borneonusantaratime.com
perusahaan@borneonusantaratime.com

 

ASAS, FUNGSI, KEWAJIBAN dan PERANAN

Asas, fungsi, kewajiban dan peranan bertitiktolak dari UU No.40 / 1999 tentang Pers yang dibernaskan dengan kebutuhan lokal dan aspek lainnya.

ASAS : Berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan dan supremasi hukum.
FUNGSI : Berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, dan kontrol sosial, lembaga ekonomi dan pendidikan secara tidak langsung.
KEWAJIBAN : Berkewajiban memberitakan peristiwa dengan menghormati norma-norma agama dan rasa kesusilaan masyarakat serta asas praduga tak bersalah.
PERANAN :
  • Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar.
  • Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terujudnya supremasi hukum dan HAM serta menghormati kebhinekaan.
  • Melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

 

TUJUAN

Tujuan diterbitkannya Situs Berita Online borneonusantaratime.com adalah:

  • Sebagai lembaga media informasi, pendidikan, dan kontrol sosial dengan segala peranannya seperti yang dimaksud pasal 3 dan pasal 6 UU No.40/1999 tentang Pers.
  • Sebagai lembaga ekonomi dan sosial, sesuai pasal 3 UU No.40/1999 tentang Pers.
  • Sebagai lembaga pendidikan tidak resmi (karena mendidik para calon wartawan).
  • Sebagai medium komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembaca (masyarakat) maupun sebaliknya.
  • Untuk membantu pemerintah menanggulangi banyaknya tenaga kerja produktif yang tidak tersalurkan dan memberi andil dalam menyerdaskan masyarakat berbagai lapisan.

KEINGINAN

Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di media Situs Berita Online, hal-hal yang ingin dicapai adalah:

  • Melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran (sesuai pasal 6 UU No.40/1999 tentang Pers).
  • Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia serta menghormati kebhinekaan.
  • Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar.
  • Memberikan kesejahteraan kepada karyawan (sesuai pasal 10 UU No.40/1999 tentang Pers).

HASIL YANG DIHARAPKAN

BorneoNusantaraTime mengharapkan diterbitkan situs ini adalah:

  • Berkeinginan menjadi salah satu bagian terpenting dan berperan meningkatkan pemahaman masyarakat atas segala aktifitas dan dinamika pembangunan segala sektor, serta terpenuhinya hak rakyat untuk mengetahui informasi yang benar dan akurat, serta berkembangnya pendapat umum secara dinamis dan konstruktif.
  • Sebagai medium untuk menyalurkan aspirasi dan menginformasikan aktifitas masyarakat kepada pemerintah.
  • Makin mengetahui dan sadarnya masyarakat akan peraturan, hukum dan hak asasi manusia sehingga terciptanya kepatuhan terhadap etika, norma-norma dan tegaknya supremasi hukum.
  • Terciptanya dan tercapainya kesejahteraan karyawan/wartawan.

PENUTUP

Sebagai situs berita online, BorneoNusantaraTime diharapkan bisa tumbuh berkembang dan mampu bersaing dengan media-media lainnya. Harapan itu bisa terealisasi, jika seluruh komponen (karyawan/wartawan dan pengasuh) memiliki tanggungjawab penuh dan rasa memiliki untuk menumbuhkembangkan situs berita online ini.

Situs berita online www.borneonusantaratime.com ini tidak akan maju berkembang serta tidak berarti apa-apa jika masyarakat tidak mempunyai rasa memilikinya. Untuk masyarakat serta pemerintah dengan berbagai lembaganya diharapkan memberikan dukungan serta peran aktif menggunakannya sebagai gerbang informasi terkini yang menyajikan berita – bukan cerita.

Satu keinginan pendiri dan diharapkan dipahami oleh seluruh karyawan/wartawan, bahkan, BorneoNusantaraTime diterbitkan bukan hanya untuk sesaat, tetapi sangat kuat keinginan agar BorneoNusantaraTime ini tumbuh dan berkembang dan eksis dalam persaingan industri pers yang sangat ketat saat ini.

Terakhir, Motto kerja yang ditanamkan di BorneoNusantara ime adalah: Perusahaan Sehat, karyawan dan wartawan akan sejahtera serta perusahaan akan berkembang.

Drs. N.Sarbini (Jatengtime Group)



Comments are closed.