Buron 13 Tahun: Koruptor Miliyaran Mantan Anggota DPRD ini, Sudah Bau Tanah Saat Diringkus Intel Kejaksaan


Buron 13 tahun Misbach Somantri anggota DPRD Garut, Ditangkap saat sudah bau tanah (foto: Istimewa)
[ A+ ] /[ A- ]

Perbesar huruf klik A+ di atas

“Setelah kabur dari putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap 13 silam, dan selama itu berada dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) alias buron, mantan anggota DPRD ini akhirnya berhasil diringkus Intel Kejaksaan di sebuah tempat. Saat diringkus, sang buronan   tidak melakukan perlawanan.”

DIA adalah MS (Misbach Somantri), anggota DPRD Kabupaten Garut priode 2001-2004. Kondisinya kinii pun sudah uzur, saat ditangkap tak sesegar masa ketika menduduki kursi empuk wakil rakyat belasan tahun silam, sehingga perlu bantuan kursi roda.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Garut – Neva Sari Susanti, MS ditangkap di rumahnya di kawasan Kecamatan Pangatikan, Kamis (9 September 2021) sore.

“Hari ini kami berhasil menangkap seorang DPO yang sudah tigabelas tahun buron, mantan anggota DPRD Garut berinisial MS yang sebelumnya terlibat kasus korupsi,” kata Neva kepada pers.

Sebelumnya, menurut Neva, Tim Intel yang dipimpin langsung Kasi Intel – Slamet  Haryadi dan Kasipidus Ariyanto, langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengintaian atas informasi yang diperoleh sehari sebelumnya, Rabu (8/9-2021). Benar saja memang MS ada di rumahnya sampai akhirnya hari ini dilakukan penangkapan, Kamis (9/9-2021).

Namun menurut Neva, selama 13 tahun DPO, kemungkinan besar MS tidak tinggal di Garut.

Diungkapkan, MS terlibat kasus korupsi anggaran perjalanan dinas, dana rapat- rapat komisi dan uang konsumsi atau mamin (makan-minum) di lingkungan DPRD Garut tahun anggaran 2001-2004.

MS divonis bersalah oleh PN Garut, merugikan keuangan negara berkisar Rp.6 miliyar dan harus menjalani hukuman. Namun dia kabur sehingga masuk DPO Kejari Garut selama 13 tahun.

Ternyata perbuatan pidana MS yang dari fraksi Partai Bulan Bintang itu merupakan korupsi berjamaah, sebab ada 12 orang lainnya sejawat MS anggota DPRD Garut yang terlibat.

“Sebagian mereka ada yang sudah menjalani hukuman, ada yang telah menyerahkan diri, ada juga yang saat ini masih buron, dan ada juga yang telah meninggal dunia,” ungkap Neva.

Menyusul Misbach Somantri yang saat ditangkap nampak uzur, turun dari mobil kejaksaan yang mengangkutnya, sehingga membutuhkan kursi roda.

Informasi terakhir hari ini, Ahad (12 Sept 2021), MS telah dilakukan pemeriksaan dokter, kondisinya sehat dan negatif Covid-19.  MS telah dieksekusi Kejari Garut ke Lapas Kelas II Garut untuk menjalani masa hukumannya yang tertunda, 4 tahun penjara.*BNTime

Editor: EAZ

(Visited 25 times, 1 visits today)

Comments are closed.