Breaking News: Rizieq Shihab Divonis 4 Tahun Penjara, Hanif Alattas dan Andi Tatat 1 Tahun


Palu Hakim Khatwanto 4 Tahun Penjara Buat Habib Rizieq Shihab.
[ A+ ] /[ A- ]

Perbesar huruf, klik A+ di atas

“Akhirnya ketua majelis hakim Khatwanto mengetukan palu vonisnya, 4 tahun penjara buat terdakwa Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur, terkait perkara test swab di RS Ummi, Bogor, yang didakwakan sebelumnya oleh JPU sebagai berita bohong.”

HAKIM menyatakan, bahwa terdakwa Rizieq Shihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan menyiarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran.

“Menyatakan, terdakwa Muhammad Rizieq bin Hiusein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq Shihab terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan perbuatan dengan menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran masyarakat,” ujar Hakim Pengadilan Jakarta Timur hari ini, Kamis (24 Juni 2021).

Dalam pertimbangan hukumnya hakim menyebut yang memberatkan terdakwa telah meresahkan masyarakat, yang meringankan terdakwa memiliki keluarga dan pengetahuan agamanya masih dibutuhkan masyarakat.

Vonis hakim kepada Rizieq ini lebih ringan dari tuntutan JPU (Jaksa Penuntut Umum) yang meninta hakim menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara dengan tuduhan, melanggar pasal 14 ayat 1 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca artikel terkait : Replik Konyol JPU Sebabkan Ratusan Juta Umat Islam Marah, hampir 3000 Personil Gambungan TNI Polri Hadang Kedatangan Massa Pendukung HRS

 

“Saya menolak putusan majelis hakim dan menyatakan banding,” kata terhukum Rizieq Shihab, sejalan  dengan tim penasehat hukumnya.

Dalam pernyataannya, Rizieq Shihab mengatakan ada beberapa hal yang tak bisa diterima. Salah satunya soal saksi ahli forensik yang tak pernah hadir.

Sementara itu, terpisah, mantu Habib Rizieq yakni Habib Hanif Alattas dan Andi Tatat, Dirut RS Ummi Bogor, masing-masing divonis 1 tahun penjara atau separuh dari tuntutan JPU 2 tahun penjara.

Baik Hanif dan Andi Tatat, maupun pengacaranya menolak putusan hakim, menyatakan banding.*BNTime

(Visited 36 times, 1 visits today)

Comments are closed.