Open House Idul Fitri 1442 H Kesultanan Pontianak, Bersih Tanpa Salaman Was-was


Kapolsek Pontianak Timur Kompol Prayitno dan jajaran foto bersama Sultan Melvin Alqadri.
[ A+ ] /[ A- ]

Perbesar huruf klik A+ di atas

 

“Kesultanan pada Kerajaan Qadriyah Kota Pontianak, di hari ketiga Idul Fitri  tahun ini, 1442 Hijriyah, Sabtu (15 Mei 2021), membuka pintu rumah atau populer dengan sebutan ‘open house’ bagi warga kota ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini yang ingin berlebaran dengan Sultan.”

 OPEN house tidak diselenggarakan di Istana seperti biasa di tahun-tahun silam, tapi di kediaman pribadi Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadri.

Penyelenggaraan tidak di Istana Qadriyah terkait pandemi Covid-19 atau Corona yang masih menjadi teka-teki. Jika di Istana dikhawatirkan, masyarakat akan berduyun-duyun bersilaturakhmi Idul Fitri dengan Sultan Pontianak ke IX itu.

Diketahui, pada Idul Firi 1441 H banyak orang berkunjung ke Istana, tapi pintu Istana tertutup rapat, terpaksa diarahkan dalam jumlah terbatas ke kediaman pribadi Sultan yang berjarak hanya lk.50 meter di belakang Istana, karena Sultan tak sampai hati membiarkan mereka pulang dengan kekecewaan. Ada pula rombongan yang mengku dari sebuah perguruan zikir  Cirebon, Jawa Barat.

Sultan Melvin dan isteri

Open House atau halal bil halal Idul Firi 1442 H bersama warga ini,  diinformasikan melalui media sosial oleh Sultan Syarif Machmud Melvin Alqadri secara resmi. Sultan memberi kesempatan kepada masyarakat dengan membuka pintu rumah pribadi, di Jl. Gaya Baru Gang Darat Keraton No.45 atau sekitar lk 50 meter di belakang Istana Qadriyah.

Tamu pertama yang datang pada pukul 10.00 WIB,  bersalaman mengucapkan Idul Fitri 1442 H dan diterima langsung oleh Sultan Syarif Melfin Alqadri, adalah rombongan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek)  Pontianak Timur, Kompol Prayitno dan jajaran. Prayitno dan Sultan sempat bernyanyi diiringi organ tunggal sebelum tamu dari berbagai kalangan warga berdatangan.

Dari pantauan BNTime yang sudah di lokasi sejak awal, silaturakhmi berjalan lancar dan santai. Berangkulan dan bersalaman sesuai akidah, tidak satu pun yang mengada-ada melakukan ‘salam was-was’ alias mengadu kepalan tangan terkait ketakutan berlebihan akan hal Covid-19 atau Corona.

Salam Was-was

Sesi paling melelahkan bagi Sultan adalah rata-rata tamu minta diabadikan dalam foto bersama.

Diakui oleh Sultan Syarif Melvin Alqadri, salat Idul Fitri 1442 H pada Kamis 13 Mei 2021, yang diselenggarakan di Masjid Jamiq Sultan Syarif Abdurakhman Alqadri, jamaah membludak hingga ke halaman masjid yang luas. Sama halnya dengan masjid-masjid lain di Pontianak umumnya tanpa melanggar syariat, lurus dalam saf yang rapat. (Minal Aidin wal Faidin).*BNTime

(Visited 28 times, 1 visits today)

Comments are closed.