Viral ! Kisah Mengharukan Bocah Pemulung Sambil Mencari Ibunya, Ngaji di Emperan Toko. Merdu Banget, Ditawari Masuk Pesantren


Akbar ketika kali pertama ditemukan tengah mengaji quran dengan sempurna (foto:istimewa)istimewa-
[ A+ ] /[ A- ]

 

“Mendadak viral pekan ini, keberadaan seorang bocah pemulung sedang mengaji di emperan toko pinggir trotoar Jalan Braga, Bandung. Foto sang bocah pemulung meramaikan media sosial beberapa hari terakhir .”

DALAM gambar,  tampak dia tengah mengaji dengan membaca Al’Quran ukuran saku di tangannya. Dikaki kanannya nampak karung kosong yang biasa digunakan untuk memuat barang pulungannya.

“Alunan suaranya merdu banget”, kata yang mengabadikan keberadaannya kali pertama. Tak kalah cepat, penampilannya pun mesesat ke beberapa kanal Youtube.

Belakangan diketahui bocah laki-laki pemulung itu berusia 16 tahun, bernama Muhammad Gifari Akbar yang sehari-harinya biasa disapa dengan nama Akbar.

Kepiawaiannya mengaji, menurut pengakuannya diajari oleh ayah kandungnya. Namun dirinya putus sekolah sejak 5 tahun silam, saat duduk di Kelas IV SD, ketika sang ayah bercerai dengan isterinya, ibu kandung si bocah pemulung.

Akbar ikut ayahnya, sementara ibunya entah dimana

Rasa rindu pada ibunya membuat Akbar bertekat mencari. Satu-satunya jalan, yaitu menyusuri sepanjang jalan sambil menjadi pemulung uintuk menafkahi dirinya sehari-hari dua tahun terakhir. Sehari bisa menghasilkan antara Rp.50 ribu – Rp.100 ribu.

Kalau lagi sepi, katanya, cuma sekitar Rp.50 ribu. Namun, hasilnya rupanya bukan buat dirinya sendiri, tapi dia sedekahi juga buat pemulung lain yang lagi sepi.

Kisah perjalanan hidup Akbar yang walaupun dalam keulitan namun masih punya hati untuk berbagi pada sesama, membuat banyak warga net menyampaikan empati dan doa agar dia dapat segera menemukan ibu kandungnya.

Kisah hidup dan suara merdu Akbar membaca Qur’an di Youtube sempat  dilihat dan didengar oleh Syech Ali Jaber , yang membuat ulama kondang ini meneteskan air mata.

Pengasuh beberapa pesantren sudah ada yang mencari dirinya untuk masuk atau bergabung dengan mereka. Akbar berterimaksih untuk semua yang menaruh perhatian.

Menurut Akbar pada salah satu stasiun TV Swasta Nasional, dirinya masih focus mencari ibu kandungnya.

Waktu ditemukan tengah mengaji, menurut bocah pemulung ini, bukan kali pertama dia mengaji. Dalam sehari dia bisa mengaji berkali-kali tiap ada waktu senggang. Dia pun tak menyangka jadi viral.

“Dulu nenek saya pernah berpesan, hidup bukan tujuan. Jangan tinggalkan sholat dan mengaji,” tutup Akbar. *BNTime

Editor: Effendy Asmara Zola

(Visited 18 times, 1 visits today)

Comments are closed.