Kualat pada Rakyat; 19 anggota DPR-RI serta puluhan Staf dan Tenaga Ahli Terpapar Corona


Aksi buruh di gedung DPR Jakarta Rabu 7/0-2020 (foto:jpnn)
[ A+ ] /[ A- ]

 

Laporan, Wilmar & Fahilda 

Editor, Effendy Asmara Zola

“Terungkap, bahwa sejumlah anggota DPR-RI  terpapar virus Corona alias COVID-19. Diketahui, hanya sehari setelah Puan Maharani memainkan jari lentiknya di atas tombol sidang parpurna pengesahan UU Onibus Law yang controversial itu, Senin (5 Oktober) tengah malam.”

KABAR Cs Puan Maharani terpapar Corona, Selasa (6 Oktober 2020), yaitu di hari pertama unjuk rasa buruh dan mahsiswa. ada 18 anggota Dewan yang dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut.

“Ya, ada delapan belas anggota yang terpapar (COVID),” kata Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin tak menyangkal, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/10-2020).

Namun Azis mengaku tidak mengetahui pasti anggota yang mana dan berasal dari  fraksi mana yang kena sengat Corona. Informasi soal anggota yang positif Corona. Azis mengarahkan utuk mencari  informasi selengkapnya  di Kesetjenan dan Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) DPR.

Sebelumnya, Azis sempat menyebutkan ada 40 orang di lingkungan DPR yang terpapar Corona. Jumlah itu disebutnya sudah termasuk 18 anggota Dewan yang positif, serta staf dan tenaga ahli yang bekerja di lingkungan DPR RI.

Sementara itu, Sekjen DPR-RI – Indra Iskandar mengatakan, Kamis (8/10-2020).untuk ASN di lingkungan DPR-RI bertambah satu orang, hingga total 41 orang (terpapar Covid-19). Disebutkannya, yang terpapar itu dari tiga fraksi. Namun dia tak merincinya dari fraksi mana, dan tidak melapor.

Dengan berdalih pada Covid-19 itu juga “sidang paripurna jari gatal Puan Maharani” memainkan mik dipercepat dan memicu eskalasi amarah buruh dan mahasiswa di 18 provinsi.

Dikabarkan, bahwa pihak rumah rakyat itu tidak melapor ke Pemprov DKI hal-ikhwal positif covid-19 yang menimpa mereka.

Padahal, berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020,  apabila ada karyawan yang terpapar Corona, gedung perkantoran tersebut wajib ditutup selama tiga hari untuk disterilkan.

Baca juga: Omnibus Law Disahkan, Supaya Demo Tak berlanjut Dua Ketua Serikat Buruh Ditawari Posisi Wakil Menteri?

 

Hingga Jumat (9 Oktober 2020)  siang ini, belum terkonfirmasi kejujuran atau keterbukaan pihak DPR-RI untuk melapor ke Pemprov DKI bahwa belasan (mungkin bertambah lagi) anggota dewan yang positip corona. *** BNTime

(Visited 21 times, 1 visits today)

Comments are closed.