Walikota – Edi Kamtono Semangati Pengurus Masjid ‘Darul Muttaqien’ 2020-2023


Pengurus Baru Masjid Darul Mutaqin 2020-2023 saat pelantikan oleh Ketua Yayasan Masjid - Mulyadi Sukir.
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

“Tingkatkan keimanan di alam milenial dan teknologi makin maju sekarang ini, dengan memperkuat semangat uhuah islamiah, InsyaAllah berkah dan tercapai segala apa yang dicita-citakan para pembina dan pengurus masjid Darul Muttaqin untuk terus mengembangkan pembinaan mental-spritual para jamaahnya.”

DEMIKIAN antara lain sambutan singkat Walikota Pontianak – Edi Rusdi Kamtono dalam kesempatan pelantikan pengurus (ta’mir) baru Masjid ‘ Darul Muttaqien’ Pontianak, masa bakti 2020-2023, Senin (13 Juli 2020) ba’da Isya.

Dia juga menyatakan akan tetap mendukung realisasi pembangunan gedung TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) yang bersebelahan dengan masjid, walaupun tak merinci dalam bentuk apa dukungan yang diberikannya.

Sambutan Walikota Edi  Kamtono  di Pelantikan Pengurus Baru Darul Muttaqien

Sebelumnya ketua baru Masjid Darul Muttaqien (MDM), Firdaus Zar’in menyampaikan, akan melanjutkan program kerja pengurus sebelumnya dengan beberapa pembaruan, seperti peningkatan majlis ta’lim, pendidikan formal TPQ bagi anak-anak, remaja masjid, baitul mal, dan usaha-usaha sosial lainnya – yang semuanya dalam upaya memakmurkan masjid.

“Semua yang kita lakukan adalah dalam upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, mempertebal keimanan dengan banyak berkumpul bersama jamaah memakmurkan masjid”, ujarnya.

“Daripada tak bermanfaat ngumpul di karaoke”, tambahnya berseloroh yang disambut tawa oleh para jamaah yang menghadiri acara pelantikan tersebut.

Namun, Firdaus juga menyampaikan adanya kesulitan dalam pengadaan dana untuk operasional masjid selama beberapa bulan terakhir, terkait lock down akibat pandemi covid19.

Operasional masjid, ungkapnya, menyapai duapuluhan juta rupiah perbulan, seperti rekening listrik, air, kegiatan dakwah, tausiyah, dan lain-lain, sementara semasa lock-down, jamaah salat Jum’at jauh berkurang yang merupakan sumber dana operasional. Meskipun itu dapat diatasi dengan kebersamaan.

Ketua Baru Masjid Darul Muttaqien, Firdus Zar’in memperkenalkan pengurus lainnya.

Meskipun demikian, paparnya, pembangunan gedung TPQ jalan terus.  Dalam empat bulan terakhir ini saja, secara khusus terkumpul dari donasi para jamaah sekitar Rp.200 juta untuk menyelesaikan bangunan berlantai dua yang targetnya rampung dua tahun dengan biaya diperkirakan sekitar Rp. 2 miliyar.

“InsyaAllah, masjid ini (Darul Muttaqien, Red.) akan kita kembangkan menjadi Islamic Center Kecamatan Pontianak Barat”, tambahnya atas pembangunan pisik rencana untuk TPQ yang peletakan batu pertamanya oleh Walikota Edi Rusdi Kamtono ahun lalu,  19 Februari 2019.

Pembangunan gedung TPQ itu sendiri merupakan pengembangan dari TPA (Taman Pendidikan Alqur’an) yang sudah ada sejak 1993. Bangunan gedung lama TKA, TPA dan TQA ‘Darul Muttaqien’ ini diresmikan oleh Walikota Sutarmidji (sekarang gubernur Kalbar) pada 7 April 2011 – yang kala itu menghadirkan juga MH Ainun Kertapati dan rombongan.

Adapun pengurus baru masa bakti 2020-2023 masjid ‘Darul Mutaqin’ yang pelantikannya oleh Ketua Yayasan masjid ini, Ir. Mulyadi Sukir, MT terdiri dari Ketua -H.DR.Firdaus Zar’in, MPd, Wakil – H.Adip, Sekretaris – H.Eko Dharmawan, Wakil –   Iksan, Bendahara – Asmada, Wakil Salahudin, serta 7 seksi – Ibadah, Penggalangan Dana, Kepemudaan/Remaja, Humas & IT, Fardu Kifyah, Perlengkapan/Perwatan, dan Keamanan, berjumlah 45 orang anggota dan masing-masing Ketua Seksi.

Dalam acara yang juga dihadiri lengkap Forkomcam Pontianak Barat itu, Camat, Kapolsek, Danramil, serta lurah, dan pengurus beberapa masjid terdekat dengan ‘Darul Mutaqien’ beserta sejumlah jamaahnya, sepintas Ketua Yayasan MDM – Mulyadi Sukir juga mengungkap asal mula berdirinya masjid berlantai dua itu. Bermula dari sebuah surau kecil (wakaf tanah kaplingan dari seorang bintara Polri Syarif Yusuf Alqadri – kerabat Kesultanan Pontianak, Red.)  hingga berkembang seperti sekarang.

Plakat Penghargaan Kepada Ketua Terdahulu H Syirwan oleh Ketua Yayasan Masjid Darul Muttaqien didampingi Ketua Baru H Firdaus Zarin.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan MDM Mulyadi Sukir juga memberikan plakat ucapan terimakasih kepada Ketua Pengurus MDM sebelumnya, Drs.H.Syirwan, MM mantan Direktur Pemasaran Bank Kalbar yang kini punya kesibukan lain, sementara penggantinya – DR.Drs.H.Firdaus Zar’in, MPd adalah Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, tiga priode hingga saat ini.

Majlis pergantian takmir masjid MDM itu diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh salah seorang juara MTQ Kalbar, alumnus Remaja Masjid ini, dan ditutup dengan Tausiyah. *BNTime

 

(Visited 49 times, 1 visits today)

Comments are closed.