Sambut Idul Adha: Ini 6 Bahan Alami Bikin Daging Jadi Empuk


Daging sapi dan penjualnya (BNTime)
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

“Beberapa hari lagi hari raya Idul Adha, Seperti lazimnya Idul Adha atau Idul Fitri, tentu Anda biasanya memasak lauk-pauk berbahan daging. Dari IDNTime di bawah ini, ada resep enam bahan untuk membuat daging menjadi empuk.”

SAAT memasak sesuatu, kita pasti berharap masakan kita enak, lezat, dan bisa dinikmati orang lain, termasuk ketika kita memasak daging. Mengolah daging merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan, karena kalau salah langkah, bisa bikin daging menjadi alot dan keras. Akhirnya, bumbu-bumbu yang kita tambahkan pun seringkali tidak meresap dan membuat masakan kita kurang sedap di lidah.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kita perlu tambahkan bahan-bahan yang bisa membuat daging menjadi lebih empuk, tentunya dengan bahan alami yang aman digunakan. Ini dia bahan-bahannya:

  1. Garam

Bumbu dapur yang mudah ditemukan ini dapat membantu memecahkan ikatan protein pada daging, yang membuat daging menjadi lebih empuk. Hanya dengan menaburkan garam secukupnya di atas potongan daging, lalu diamkan selama kurang lebih satu jam. Sesudah itu, bilas daging dengan air bersih dan bumbui daging sesuai selera. Kemudian, panggang daging sebentar sebelum dimasak. Pemanggangan bertujuan untuk membantu menghilangkan kelebihan garam dalam daging.

Baca juga: *Beginilah Wajah Gedung TPQ Darul Muttaqien nanti  

*Operasi Pasar LPG 3kg di Pontianak Disikapi Berbeda oleh Masyarakat

 

2. Bawang Putih

Secara tradisional, bawang putih memang sudah banyak digunakan sebagai pelunak daging. Kemampuan bawang putih melunakkan daging terbukti karena adanya enzim proteolitik yang dapat memecah protein. Kamu hanya perlu memarut bawang putih secukupnya, lalu balurkan di atas daging. Kemudian diamkan selama 12 jam sebelum diolah. Niscaya olahan daging buatanmu akan menjadi lebih empuk.

  1. Cuka Apel

Kandungan tanin yang tinggi pada cuka apel membuat bahan yang satu ini cocok digunakan sebagai pengempuk daging. Penggunaan cuka apel sangat dianjurkan untuk mengolah daging yang diiris tipis. Caranya pun mudah, yaitu cukup dengan melumuri daging dengan cuka apel yang telah dicampur sedikit air. Kemudian diamkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air bersih dan daging siap untuk dimasak.

  1. Nanas

Nanas juga sudah terkenal dengan kemampuannya mengempukkan daging. Hal itu disebabkan karena adanya enzim bromelain dalam nanas yang dapat memecahkan jaringan ikat pada daging. Perlu diingat bahwa yang digunakan haruslah buah nanas segar, bukan buah nanas kaleng, karena enzim dalam buah kaleng sudah tidak berfungsi secara optimal.

Cara penggunaannya adalah kupas buah nanas, lalu parut. Kemudian balurkan parutan tersebut di atas daging yang akan dimasak. Lama waktunya bergantung dari ukuran potongan daging yang digunakan. Bila daging dalam potongan besar, diamkan selama 30 menit. Namun, untuk daging dalam potongan kecil, cukup diamkan selama 10 menit agar daging tidak hancur ketika diolah.

  1. Jeruk

Buah jeruk juga dapat digunakan sebagai pelunak alami daging karena sifatnya yang asam mampu memecah jaringan ikat pada daging. Hampir semua jenis jeruk dapat digunakan dengan menggunakan perasan air jeruk untuk melumuri atau merendam daging. Kemudian diamkan daging selama 30 menit, lalu daging siap untuk diolah.

  1. Yogurt

Bahan yang satu ini memiliki keasaman yang tinggi, selain itu juga mengandung kalsium yang dapat mengaktifkan enzim yang memecah jaringan protein pada daging. Itulah sebabnya mengapa yogurt terbukti bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Penggunaannya mudah, cukup oleskan yoghurt plain pada daging selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan daging siap untuk dimasak.

Cukup sederhana, bukan? Terlebih bahan-bahan di atas biasanya dengan mudah kita dapatkan atau bahkan sudah menjadi stok dapur kita. Selamat mencoba! *BNTime/IDNTimes

(Visited 20 times, 1 visits today)

Comments are closed.