Pesan Penting Disnakeswan: Pilih Hewan Qurban yang Berlabel Sehat, Ingat Bahaya Kantong Kresek Warna Hitam


[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

 

“Ini sebenarnya pesan atau peringatan rutin tiap tahun menjelang Idul Adha, disosialisasikan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan agar berhati-hati memilih atau membeli hewan untuk Qurban.”

 DISARANKAN untuk membeli hewan qurban baik kambing maupun sapi – yang  sudah ditandai dengan pening atau label oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) daerah setempat, sebagai tanda hewan tersebut sehat dan layak jual dan layak sembelih untuk konsumsi.

Pemeriksaan hewan layak jual oleh pihak Disnakeswan tsb. dengan fasilitas pemeriksaan, pemberian obat, dan penyuntikan, secara cuma-cuma alias gratis.

Bahaya!! Kantong Kresek Warna Hitam

Di lain pihak, diminta agar panitia atau penyelenggara penyembelihan hewan qurban tidak membungkus daging dengan kantong kresek warna hitam.

 Pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga instansi terkait di daerah-daerah seperti Dinas Kesehatan dan atau BPOM (Balai Pengawasan Obat dan Makanan), tak jemu-jemu mengingatkan, bahwa kantong kresek yang berwarna hitam, mengandung racun berbahaya bagi kesehatan dalam masa berproses! Sangat berbahaya kantong kresek hitam untuk makanan yang disimpan atau dibungkus di dalamnya.

Diingatkan supaya jangan belanja dan tidak boleh barang pangan – baik makanan maupun minuman dikemas dengan kantong plastik lebih-lebih yang berwarna hitam. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha ini, jangan sekali-kali membungkus daging dengan kantong plastik terutama yang berwarna hitam.

Tidak masalah jika dibungkus lebih dulu dengan bahan lain seperti daun pisang atau plastik transparan, baru kemudian dimasukan ke dalam kantong plastic putih,  jadi tidak langsung dimasukan begitu saja ke kantong plastik berwarna.

Mengapa? Kantong kresek berwarna terutama yang hitam, kebanyakan merupakan hasil daur ulang. Riwayat penggunaan sebelumnya diketahui merupakan bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat dan lainnya.

Kapala daerah mulai dari Walikota/Bupati sampai ketingkat kecamatan dan kelurahan serta rumah-rumah ibadah (Muslim) diharapkan dapat meneruskan sosialisasi ini.

Kantong Kresek Hitam “hasil daur ulang macam-macam limbah”

Jadi makanan yang dibeli, BPOM menegaskan, jangan bersentuhan langsung dengan kantong kresek. Kecuali makanan itu dilapisi dulu dengan kantong transparan, baru dimasukkan ke dalam kantong plastik hitam atau warna lainnya, tidak apa-apa.

Diingatkan pula, kantong plastik bisa saja mengandung logam berat. Memang tidak berdampak langsung, tapi berdampak di kemudian hari atau berperoses macam-macam penyakit. Terutama  bisa menyebabkan penyakit autis, maka terutama ibu-ibu yang sedang hamil harus mewaspadai ini, * BNTime

(Visited 18 times, 1 visits today)

Comments are closed.