Covid-19: Razia Masker dan Swab di Pontianak, 86 Terjaring Swab. Kapuas Hulu dan Kayong Utara Zona Hijau, Jangan Lengah !


Razia Masker dan Swab di sekitar Taman Digulis Pontianak, Minggu 12 Juli 2020.
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

“Guna penanganan pandemic Covid-19 atau Corona di Kota Pontianak, Dinas Kesehatan Prov.Kalbar bekerjasama dengan TNI-Polri melaksanakan Razia Pemakaian Masker dan Swab.”

KEGIATAN dalam rangka peningkatan penanganan virus corona atau covid-19 oleh Dinkes Kalbar tersebut, dilaksanakan Minggu (12 Juli 2020) pagi mulai jam 06.00 WIB hingga selesai selama sekitar dua jam.

Dari sejumlah warga yang tengah berolahraga pagi dan lainnya yang diskrining atau penyaringan awal dengan rapid test, terdapat 86 orang yang dari tindakan Swab masih butuh waktu dua hari untuk mengetahui hasil diagnosenya terinveksi Corona atau tidak.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di kawasan Taman Digulis kota Pontianak itu, nampak Kadiskes Kalbar dr.Harisson, M.Kes terjun langsung. Selain mantan Kadiskes Kab.Kapuas Hulu belasan tahun itu, terlihat juga terlibat langsung Kadiskes Kota Pontianak, dr.Sidiq Handanu – bersama aparat kesehatan serta pendampingan oleh TNI dan Polri. Sementara itu petugas rapid/swab yang berhubungn langsung dengn obyek,  menggenakan APD (alat pelindung diri).

Sebelumnya, Gubernur Kalbar – Sutarmidji dengan gembira menyatakan, bahwa dari 14 kabupaten/kota di provinsi ini 7 daerah diantaranya bersih dari Covid-19, bahkan angka kesembuhan telah menyapai 90,77 % dari 315 kasus, berdasarkan hasil yang dikeluarkan pada Jumat, (10 Juli 2020).

“Hari ini ada tujuh pasien sembuh berdasarkan hasil lab kemarin,” ujar Sutarmidji, Sabtu (11 Juli 2020). Jadi, rincinya, total pasien sembuh sekarang 315 orang atau 90,77 %. Dua orang sembuh dari Kab.Sintang, Kab.Kubu Raya, Kab.Sambas, Bengkayang, dan Kab.Mempah, serta kota Pontianak sendiri masing-masing satu orang. Sementara   dari 110 pasien yang sebelumnya dinyatakan reaktif berdasarkan rapid tes, dinyatakan negative atau sembuh.

Terdahulu, Kamis (9 Juli 2020), Sutarmidji juga telah menyampaikan, bahwa Kabupaten Kapuas Hulu dan Kayong Utara sudah masuk kategori zona hijau. Namun mantan Walikota Pontianak dua priode ini minta, agar Pemkab bersangkutan jangan lengah dengan kabar gembira ini. Sedapatnya anak sekolah yang tetap masuk 13 Juli, belajar jangan tatap muka dulu  sampai kondisi benar-benar aman.

Namun dengan adanya 86 orang reaktif Covid-19 hasil razia Swab di bilangan Taman Digulis kota Pontianak, Minggu (12 Juli 2020) pagi tadi, apakah angka-angka menggembirakan tersebut akan berubah kembali? “Tunggulah hasilnya dua-tiga hari lagi,” kata petugas di lokasi kepada BNTime.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Comments are closed.