Terkutuk!! Aksi Prank Youtuber Ferdian Paleka, Bagikan Paket Isi Sampah dan Batu. Ridwan Kamil: Saya Mengutuk Keras


Ferdian Paleka (Senin 4 Mei 2020) Youtuber yang dikecam warga (foto: inews/Billy)
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

 

Narasi: Jakarta pernah digegerkan dengan pembagian “nasi anjing” pada pekan ketiga April lalu. Apa pun alasannya atau dalihnya, publik ibu kota, umat Islam umumnya, merasa dilecehkan dengan beredarnya bantuan nasi bungkus ber cap kepala anjing yang tersebar di wilayah Warakas, Jakarta Utara itu. Kini terjadi pula hal yang sama kendati tak serupa di Bandung, Jawa Barat, yang membuat masyarakat merasa terhina dan disepelekan dengan pembagian “nasi sampah”, di tengah warga membutuhkan bantuan di tengah amuk firus corona atau Covid-19 yang mematikan itu.(BNTime)

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengutuk aksi prank youtuber Ferdian Paleka yang membagikan bantuan isi sampah. Konten prank tersebut sangat menghina sesama manusia.

“Saya menyesalkan dan mengutuk keras tindakan amoral antar manusia yang dilakukan youtuber itu. Kontennya sangat menghinakan manusia,” ucap Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (5/5-2020), dilansir inews.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan bulan Ramadan seharusnya akhlaknya ditingkatkan, bukan malah berbuat prank dengan konten menghina. Bahkan selama bulan Ramadan, sesama manusia harus saling menolong.

“Bulan Ramadan harusnya tolong menolong, ini malah prank. Minta maaf saja juga bohong ya,” ucap dia.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan bulan Ramadan seharusnya akhlaknya ditingkatkan, bukan malah berbuat prank dengan konten menghina. Bahkan selama bulan Ramadan, sesama manusia harus saling menolong.

“Bulan Ramadan harusnya tolong menolong, ini malah prank. Minta maaf saja juga bohong ya,” ucap dia.

Kang Emil juga meminta kepada generasi milenial untuk tidak meniru perbuatan yang dilakukan Ferdian Paleka. Dia mendukung proses hukum terkait kasus prank yang dilaporkan di Polrestabes Bandung.

“Kreatif lah dengan positif, bukan kreatif dengan konten menghinakan manusia,” ucap dia.

Ferdian Faleka Dikutuk Habis

Aksi prank Ferdian Paleka sempat viral di media sosial. Ferdian bersama 2 temannya membagikan makanan untuk sahur di Bandung.

Tetaplah jaga kebersihan di setiap kesempatan

Warga Kota Bandung, Jawa Barat mengecam aksi youtuber Ferdian Paleka yang membikin video prank bantuan berisi sampah dan batu. Aksi Ferdian Paleka tidak layak dilakukan di tengah wabah corona atau Covid-19.

“Aksinya bukan manusiawi, tapi parah banget itu,” ucap warga bernama Deni di Bandung, Senin (4/5-2020).

Deni mengatakan seluruh masyarakat sedang membutuhkan bantuan berupa makanan dan minuman akibat terdampak virus corona. Namun Ferdian membuat prank konten youtube yang sedang membutuhkan bantuan.

“Kondisi Covid-19, semua manusia membutuhkan makanan. Malah dia bercanda sedang kondisi Covid-19 begini,” ucap Deni yang sudah melihat video prank youtuber Ferdian Paleka.

 

Warga lain, Yuwan menilai pembuatan kontan youtube tersebut tidak layak di tengah wabah corona. Saat ini semua masyarakat membutuhkan bantuan makanan.

“Kalau kata saya tidak baik pembuatan konten youtube begitu. Soalnya di tengah wabah corona seluruh masyarakat membutuhkan bantuan, terlebih bantuan makanan,” ucap Yuwan.

Menurut Yuwan, Ferdian bersama teman-temannya terlhat sengaja memasukan sampah dan batu dalam kardus yang akan dibagikan kepada warga. “Terlepas diberikan waria, sebenarnya tidak boleh dan tidak layak,” kata dia.

Seperti diketahui, aksi prank Ferdian bersama teman-temannya membagikan bantuan berisi sampah dan batu terjadi di kawasan Kiaracondong, Jalan Ibrahim Adjie pada Jumat (1/5-2020) pukul 01.30 WIB. Korban prank yaitu dua waria dan puluhan anak-anak yang sedang berkeliling.

Ingat! Mereka Pejuang Kemanusiaan untuk kita semua tanpa pamrih!(AksiKata)

Atas aksi prank itu, komunitas waria Kota Bandung, Srikandi Pasundan melaporkan Ferdian Paleka ke Polrestabes Bandung, Senin (4/5/2020) dini hari. Korban merasa dirugikan oleh Ferdian Paleka.

Empat korban yang berada di video prank itu yakni waria bernama Dini (56), Sani (39), Luna (25), dan Pipiw (30). Keempat korban itu sakit hati di tengah pandemi virus corona (Covid-19) malah dibagikan bantuan berisi sampah dan batu.

Dalam kasus ini, salah satu teman Ferdian Paleka inisial T sudah ditangkap polisi pada Senin (4/5/2020). Namun Ferdian Paleka dan satu temannya lagi masih dikejar polisi. *BNTime/iNews (re-edit)

Editor: Effazola

(Visited 15 times, 1 visits today)

Comments are closed.