Catat, Seluruh Biaya Perawatan Pasien Virus Corona Gratis! Jangan Dulu Kunjungi 5 Negara ini :


Petugas Puskesmas sosialisasi ansipasi virus corona di Sekolah Tunas Global, Depok (ANTARAFOTO Asprilla Dwi Adha/ IDNTIMES)
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

“Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan – Bambang  Wibowo mengatakan, bahwa pemerintah akan menanggung seluruh biaya perawatan kepada seluruh pasien yang positif terinfeksi virus corona atau COVID-19.”

TIDAK hanya itu, orang dengan terduga (suspect) COVID-19 juga seluruh biaya uji laboratoriumnya ikut ditanggung oleh pemerintah.

“Semua pembiayaan suspect atau sakit ditanggung pemerintah. Masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Bambang di Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (2/3-2020). BNTime melansir dari IDNTimes.

Bambang menjelaskan, untuk kriteria suspect yang mendapatkan biaya gratis adalah orang yang sedang mendapatkan pengawasan oleh Kemenkes yang sampelnya sudah dalam pemeriksaan.

“Yang penting kalau memang betul nanti surveilans yang disampaikan oleh Pak Anung (Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono) pasien itu sakit dan harus dirawat, maka semuanya dibiayai negara,” ujarnya.

Sementara itu, Anung Sugihantono menambahkan, untuk menekan angka penyebaran virus corona di Tanah Air, ada lima negara yang menjadi rekomendasinya untuk tidak dikunjungi dahulu dalam waktu dekat.

“Kami sampaikan yakni mainland Tiongkok, Korea Selatan, Italia, Iran, dan Singapura karena situasi perkembangan statusnya yang dilaporkan periodik ke kami,” kata Anung.

Anung menjelaskan, risiko tertular virus corona sangat mungkin terjadi mengingat penyebarannya yang begitu masif dalam waktu singkat di lima negara tersebut.

“Kami bicara risiko traveler dari sana kemari dan sebaliknya,” ujarnya. *BNTime/IDNTimes

(Visited 16 times, 1 visits today)

Comments are closed.