Tambah Kekuatan Kapal Perang, Patroli KRI Halau Kapal Cina


KRI Tjiptadi ikut disiagakan di Laut Natuna (foto:antara-kepri-cherman)
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

“Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono memastikan kapal Tiongkok sudah meninggalkan wilayah ZEE Indonesia di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau.”

BERDASARKAN pemantauan dari layar Puskodal, kata Yudo, menunjukkan kapal-kapal Tiongkok telah ke luar dari ZEE Indonesia. Informasi itu ditindaklanjuti awak pesawat Boeing 737 yang diminta cek langsung. Hasilnya, kapal asing itu sudah berada di luar 200 mill, batas terluar ZEE.

“Dari hasil patroli udara maritim jam 14.00 WIB (Minggu) dan dari komandan KRI yang telah menghalau kapal Tiongkok yang ada di wilayah Indonesia. Posisi hari ini sudah di luar ZEE, di luar Natuna,” kata dia kepada awak media di Natuna, Kepri, Minggu (12/1-2020).

Baca Juga: *TNI Siaga Tempur untuk Hadapi Cina di Natuna

**China Membandel apa Nantang sih?: Paska-Kunjungan Jokowi di Natuna, Kapal Ikan Asing Semakin Bertambah

.Kondisi di Natuna hanya bisa dikonfirmasi melalui deteksi yang dilakukan pesawat Boeing 737 dan KRI yang langsung mengusir kapal Tiongkok di perairan.

Selanjutnya, menurut Yudo, KRI dan pesawat akan terus menjaga perairan ZEE Indonesia. “Tujuh KRI akan operasi rutin setiap hari, harus ada unsur yang jaga supaya tidak kembali masuk,” kata dia.

Penjagaan akan dilakukan terus menerus selama 24 jam dalam sehari. *BNTime/JPNN (antara)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Comments are closed.