Wow! Di TPS Bali Suara Jokowi 183 Ditulis 1.883, Masih Mau Disebut Human Error?


Ilustrasi Kotak Suara Pemilu 2019.
[ A+ ] /[ A- ]

(Klik A+ di atas utk perbesar huruf)

“Dugaan penggelembungan suara atau kecurangan dalam Pemilu 2019 khususnya pemilihan presiden lagi-lagi terjadi. Kali ini, kecurangan itu ditemukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4, Petak Kaja, Gianyar, Bali.”

DARI data yang di-upload ke sistem informasi penghitungan (situng), KPU menuliskan bahwa calon presiden dan wakil presiden, Jokowi-Ma’ruf Amin, mendapatkan 1.833 suara. Sedangkan kompetitornya, capres-cawapres 02, Prabowo-Sandi, hanya mendapat 2 suara.

Keanehan terlihat ketika jumlah seluruh suara sah sebanyak 185, jumlah suara tidak sah 4, sehingga total menjadi 189 suara, baik yang sah maupun yang tidak sah.

Pada formulir C1, tercatat Jokowi-Ma’ruf mendapatkan suara sebanyak 183. Sedangkan Prabowo-Sandi 2 suara. Jika dibanding dengan apa yang tertulis di website KPU, maka penggelembungan suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf sebanyak 1.650.

Temuan itu sendiri diungkap oleh salah satu pengguna twitter yaitu @CakKhum. Setelah VIVA mengcek di situs resmi KPU, pada pukul 16.59 WIB, data dari TPS yang di maksud di atas ditulis keterangan “data belum tersedia”.

Lainnya, antara lain ‘kesalahan input’ data pada aplikasi Situng milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali ditemukan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Depok, Jawa Barat. Bahkan, pada angka di salah satu TPS yang selisih sebanyak 100 suara.

Kasus ini ditemukan di TPS 48 Tanah Baru, Beji. Padahal berdasarkan C1 plano petugas TPS setempat, angka yang tertulis untuk pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf ialah 135 suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandi 114 suara. Suara tidak sah 3 suara, dengan jumlah pemilih 252 orang.

Namun berdasarkan data Situng, yang merupakan aplikasi KPU, suara untuk 01 dicatat 235 suara, dan 02 ditulis 114 suara. Itu artinya terjadi selisih 100 suara untuk kubu Jokowi-Ma’ruf. *BNTime/VV

(Visited 9 times, 1 visits today)

Comments are closed.