Masih Dalam Suasana Perebutan Kursi Panas Pilkada 2018, KPK Tangkap Gubernur Aceh, Irwandi dan 9 “Jamaah”nya


Irwandi Yusuf dikawal ketat aparat di Bandara Sultan Iskandar Muda sebelum-diterbangkan-ke Jakarta (foto:istimewa)
[ A+ ] /[ A- ]

“Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah, Ahmadi dalam operasi tangkap tangan (OTT), hanya sepekan setelah pelaksanaan Pilkada Serentak, Rabu (27 Juni 2018).”

PENANGKAPAN keduanya diduga berkaitan dengan dana otonomi daerah.

“Sejauh ini info yang bisa diberikan dugaan pemberian atau dugaan transaksi terkait proses penganggaran, jadi proses penggaran antara hubungan provinsi dan kabupaten,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018) dini hari, dilansir liputan6.com  

Dalam operasi senyap kali ini, tim penindakan KPK mengamankan sepuluh orang termasuk Gubernur Irwandi dan Bupati Ahmadi. Bersama mereka, KPK juga mengamankan uang ratusan juga rupiah.

“Kami duga itu adalah bagian dari komitmen fee yang telah dibicarakan sebelumnya oleh pihak-pihak terkait. Apakah ini penerimaan pertama atau penerimaan yang kesekian, nanti akan kami informasi kan kembali,” kata Febri.

10 orang yang ditangkap tim penindakan kini tengah menjalani pemeriksaan intensif di Mapolda Aceh. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentuksan status mereka.

“Jadi 10 orang itu diamankan sekarang dan sedang dalam proses pemeriksaan lebih lanjut di Polda Aceh,” kata Febri.

BBC Indonesia memberitakan, setelah terciduk dalam OTT, Selasa (3/7-2018) malam, tulis bbc Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta,  Rabu (4/7/2018).

Saat turun dari mobil tahanan, Irwandi hanya tersenyum dan tak mengeluarkan pernyataan sepatah pun kepada pers, sebut wartawan BBC News Indonesia, Abraham Utama.

Beberapa jam sebelum  diterbangkan dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh, Irwandi dibawa menggunakan kendaraan lapis baja Barracuda dengan pengawalan ketat.

Sejak ditangkap pada Selasa (3/7) malam hingga Rabu (4/7) dini hari WIB, Irwandi berada di Mapolda Aceh untuk menjalani pemeriksaan. *BNTime/liputan6/bbc      

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.