Ini Sosok Jendral Bintang Dua Lanjutkan Kiprah Budi Waseso Pimpin BNN


Irjen Heru Winarko (Net)
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-BNT-Baru-2016 - Copy - Copy“Komjen Budi Waseso bakal pensiun,  kiprahnya akan digantikan oleh Irjen Heru Winarko yang telah resmi ditunjuk sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). “

HERU dilantik menggantikan Budi Waseso (Buwas) pada Kamis  (1/3/2018) pagi ini di Istana Negara. Lantas bagaimana perjalanan kiprah  Heru Winarko di Polri sehingga dipercaya membawahi BNN?

Irjen Heru Winarko adalah mantan Kapolda Lampung yang saat ini telah menginjak usia 55 tahun. Pria kelahiran Jakarta, 1 Desember 1962 tersebut, merupakan perwira tinggi Polri berpangkat Jendral bintang 2 alias Inspektur Jendral (Irjen).

Heru lulus dari Akademi Militer (Akpol) tahun 1985. Sejak awal karirnya Heru memiliki prestasi yang terus menanjak. Termasuk berhasil menduduki jabatan sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Di tahun 2009, ia dimutasi untuk menempati jabatan Penyu Tk II Dit II/Eksus Bareskrim Polri. Masih di tahun yang sama, Heru kemudian dipromosikan menjadi Wakil Direktur II/Eksus Bareskrim Polri.

Pada 2010, setahun berselang, ia diminta mengemban tugas sebagai Wakil Direktur III Tipikor Bareskrim Polri.

Namun di tahun 2012 Heru dipercaya menjadi Kapolda Lampung hingga tahun 2015. Setelah itu, ia dimutasi untuk menduduki jabatan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam. Dan terakhir ia menjabat Deputi Penindakan KPK hingga saat ini.

Salah satu foto kenangan saat Komjen Budi Waseso dikerumuni para wartawan terkait kiprahnya membawahi BNN (foto:bnt/dok)

Salah satu foto kenangan saat Komjen Budi Waseso dikerumuni para wartawan terkait kiprahnya membawahi BNN (foto:bnt/dok)

Banyaknya pengalaman di bidang Reserse kriminal tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam menunjuk dirinya untuk mengisi posisi Kepala BNN yang baru.

Heru juga diketahui telah banyak menerima sejumlah penghargaan dan tanda jasa, di antaranya, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidja Sistha, Satya Lencana Karya Bhakti, Satya Lencana Ksatria Tamtama dan Bintang Bhayangkara Nararya. *borneonusantaratime/netralnews/berbagaisumber

Komentar anda:

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.