Haul Sultan Syarif Abdurrahman Alqadri, Pendiri Kota Pontianak Dihadiri belasan Ribu Umat


Sultan Syarif Mahmud Melvin Alqadrie, Sultan Pontianak IX.Sultan Syarif Mahmud Melvin Alqadrie, Sultan Pontianak IX.
[ A+ ] /[ A- ]

Empat-Tahun-Tetap-Bersama-borneonusantaratime

Logo-BNT-Baru-2016 - Copy - Copy“Haul Sultan Syarif Abdurrahman Alqadri, pendiri Kota Pontianak 246 tahun silam, digelar oleh keluarga besar Kerajaan Qadriyah, Kamis (1 Muharam 1439 H) pagi bertepatan dengan 21 September 2017, bertempat di halaman Masjid Jamiq Sultan Syarif Abdurrahman Alqadri.”

KEGIATAN ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke 246 Kota Pontianak yang jatuh pada 23 Oktober 2017 dengan gelar Pekan Pendiri Kota Pontianak – yang dijadwalkan mulai 15 s/d 21 Oktober di kawasan Istana Qadriyah. Namun Haul Sultan Syarif Abdurrahman oleh panitia tersendiri – yang diselenggarakan oleh Arabitah, Organisasi yang menaungi nasab keluarga Arab Al’Alawiyin bersama Organisasi Pemudanya, Syuban. Sehari sebelumnya dilangsungkan Ziarah Agung ke makam Sultan Syarif Abdurahman di Komplek Pemakaman para Sultan Pontianak di Kelurahan Batu Layang, Pontianak Utara.

“Haul ini memang kita selenggarakan tiap tahun untuk mengenang jasa-jasa Allahyarham Sultan Syarif Abdurrahman Alqadri dengan perjuangannya dalam Syiar mendirikan Kota Pontianak yang menjadi ibukota provinsi Kalimantan Barat sekarang ini, sekaligus menyambut Tahun Baru Islam Satu Muharam dengan segala keberkahanNYA,” kata Syarif Muhdar Ali Baraqbah, S.Sos, Ketua Arabitah Cabang Pontianak ketika dihubungi oleh borneonusantaratime.

Sementara kegiatan Pekan Pendiri Kota Pontianak akan diselenggarakan oleh panitia tersendiri, dan baru kali pertama diselenggarakan oleh keluarga Istana Qadriyah – yang selama ini hanya digelar oleh Pemerintah Kota Pontianak dengan berbagai even.

Umat Islam yang membeludak di halaman Masjid Jamiq menghadiri Haul Sultan Syarif Abdurrahman (2017)

Umat Islam yang membeludak di halaman Masjid Jamiq menghadiri Haul Sultan Syarif Abdurrahman (2017)

Sebelum menuju ke panggung acara haul di halaman Masjid Jamiq, Sultan Qadriyah IX – Syarif Mahmud Melvin Alqadrie dan rombongan terlebih dahulu membaca doa selamat di balairung istana, dipimpin oleh Habib Abdurrahman Ali Almutahar. Selanjutnya rombongan menuju ke panggung acara berjalan kaki, lk.300 meter dari Istana Qadriyah.

Warga kota dan para santri dari berbagai pesantren, massa dari paguyuban masyarakat Banjar, Madura, Bugis, Banten, dll. memadati tenda dan meluber hingga ke halaman masjid yang diperkirakan menyapai belasan ribu orang. Sementara sejumlah uastadz dan ulama setempat serta dari luar Kalbar,  juga Wakil Walikota Pontianak – Eddy Rusdi Kamtono dan ulama dari Malaysia dan Singapura hadir di panggung Haul, untuk kemudian bersama mendengar  Tausiyah yang diberikan oleh DR.Habib Segaf bin Hasan Baharun, SH.I – Rektor INI DALWA dan Pengasuh Ponpes Darullughah Wadda’wah Putri, Bangil – Jawa Timur. *borneonusantaratime



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *