Karena Gangguan, Tarik Tunai BCA Gratis di ATM Bank Lain


ATMBCA
[ A+ ] /[ A- ]

pita-merah-please-share

Logo-BNT-Baru-2016 - Copy - Copy“PT Bank Central Asia Tbk bakal membebaskan biaya tarik tunai yang dilakukan nasabah di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bank lain di seluruh Indonesia. Tarif nol tersebut diberikan selama proses pemulihan koneksi.”

PASCA-gangguan satelit Telkom-1 milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang terjadi akhir pekan lalu, sebanyak 5.700 mesin ATM dari total 17.210 mesin ATM perseroan mengalami gangguan.

“Sistem tetap membebankan biaya (tarik tunai), tetapi nanti secara sistem biaya yang sudah didebit akan dikreditkan kembali pada akhir bulan,” ujar Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers di Menara BCA, Senin (28/8).

Lihat juga:

Gangguan Satelit Telkom, Bank Pulihkan Koneksi Ribuan ATM

Selama ini, nasabah BCA yang melakukan transaksi tarik tunai di ATM bank lain dikenakan biaya sebesar Rp7.500 per transaksi.

Lewat kebijakan ini, Jahja memperkirakan, total biaya transaksi yang ditanggung emiten berkode BBCA itu mencapai Rp50 miliar hingga Rp70 miliar selama dua pekan, yaitu dari 26 Agustus – 8 September 2017.

“Kenapa yang ditanggung hanya tarik tunai? Karena untuk transaksi lain, seperti transfer atau cek saldo bisa menggunakan aplikasi mobile atau internet banking,” jelasnya.

Jahja menyebutkan, aktivitas transaksi tarik tunai nasabah di ATM bank lain tercatat meningkat setelah gangguan ATM. Yakni, dari rata-rata 100 ribu transaksi per hari menjadi 400 ribu transaksi per hari.

Secara keseluruhan, total transaksi ATM mencapai 4 juta hingga 5 juta transaksi per hari di mana sekitar 60 persennya adalah transaksi tarik tunai.

Saat ini, lanjut dia, perusahaan tengah berupaya mengalihkan koneksi ATM dari Telkom-1 ke dua satelit lain. Dari 5.700 ATM, sebanyak 3.700 ATM di antaranya akan dialihkan ke satelit Telkom 3S dan sisanya ke satelit APSTAR 5.

Lihat juga:

OJK Minta Bank Mitigasi Gangguan ATM

Proses pemulihan koneksi diperkirakan memakan waktu dua hingga tiga pekan ke depan, mengingat pengalihan dilakukan secara manual oleh petugas di mana, perseroan menargetkan bisa memulihkan 200 ATM per hari.

“Proses pemulihan dilakukan secara bertahap. Jadi, setiap hari akan ada ATM yang pulih,” katanya.

Selain menggunakan ATM bank lain, nasabah juga bisa melakukan transaksi tarik tunai di kantor cabang maupun ATM perseroan di lokasi lain yang terdekat. *borneonusantaratime/CNN-Indonesia



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *