Zulkifli Hasan: Saya Bukan Pancasila, Kalau Islam yang baik – Jalankan Agama yang Baik Dibilang Radikal


Zulkifli Hasan
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-BNT-Baru-2016 - Copy“Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan sosialisasi empat pilar saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Islam dan Demokrasi siang ini. Dalam pidatonya, Zulkifli sempat menyinggung soal nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.”

MENURUT dia, Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara. Ketua Umum PAN ini meminta agar Pancasila dijadikan rujukan dan dijadikan perilaku sehari-hari.

“Pancasila itu perilaku, bukan soal dukung mendukung pilkada. Kalau yang bilang itu karena pilkada itu ngarang. Saya pakai buku-buku (Pancasila) yang disepakati bersama,” ujar Zulkifli saat memberikan pidatonya di Cawang, Jakarta Timur, Selasa (25 Juli 2017).

Zulkifli juga sempat melontarkan candaan mengenai Pancasila. Ia membantah berbagai kampanye yang disampaikan Jokowi mengenai Pancasila.

“Pancasila jika dipakai jadi perilaku barulah bisa menjadi pemersatu kita. Tapi, kalau dipakai alat, itu bisa memecah belah. Saya bukan Pancasila, saya Zulkifli Hasan, belum pernah ganti nama,” ujar Zulkifli.

Saat Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi mengkampanyekan ‘Saya Pancasila’ melalui video. Dalam video tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa Pancasila selalu mengalir dalam aliran darah dan detak jantung kita.

“Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila, kalau kamu?”begitu tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya, Senin (29/5).

Zulkifli juga mengajak seluruh pihak untuk berhenti menstigmatisasi Pancasila.

“Kadang Pancasila dipakai alat untuk stigmatisasi , kalau mendukung ini Pancasilais, kalau mendukung ini tidak Pancasilais, ini tentu keliru. Kalau Islam yang baik, menjalankan agama yang baik, kamu dibilang radikal. Ini kan clear ya,” tuturnya. *borneonusantaratime/postmetro



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *