Mantan Anggota DPRD Prov Kalbar Tersangka Pungli


Dirkrimsus Polda Kalbar Kombes Mashudi
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-BNT-Baru-2016 - Copy - Copy“Tiga terdakwa kasus Pungli di Pelabuhan Dwikora – Pontianak, yang dianggap cuma tumbal oleh para pengacara mereka, tidak terbukti. Aktor intelektualnya, juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.”

KETIGA buruh pelabuhan yang jadi terdakwa dan tengah menjalalani sidang awal di PN Pontianak; Yanuar, Berry Azani, dan Djanuardi.  Para terdakwa adalah anggota  Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) ‘Jasa Karya’ Unit R/D Pelabuhan ‘Dwikora; Pontianak.

Ketiganya ditengarai oleh beberapa pengacara yang mendampingi, hanya sebagai tumbal  dalam kasus pungutan liar (Pungli) OTT Tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) Polda Kalbar. (Artikel terkait > 6 April 2017 > Hukrim: Kasus Pungli Pelabuhan ‘Dwikora’, Tiga Dianggap Pengacara Cuma Tumbal dari Sebuah Nama Besar)

Ternyata, kenyataannya tidak demikian. Dua pengurus Koperasi TKBM tersebut, Retno Pramudya dan Iskandar berkasnya sudah dinyatakan lengkap untuk diserahkan ke Kejaksaan Negeri Pontianak.

Penetapan kedua tersangka itu, kata Dirkrimsus Polda Kalbar – Kombes Mashudi, setelah semua saksi dan bukti lengkap. “Setelah menetapkan tiga orang sebagai tersangka (terdakwa di PN Pontianak, Red), kini kami sudah menetapkan dua orang lainnya dalam kasus Saber Pungli di Pelabuhan Dwikora Pontianak,” ujarnya, Rabu (19 April 2017)

Keduanya, kata Mashudi, selaku penanggungjawab hukum dari seluruh aktifitas pungutan liar di Pelabuhan. Selain itu,hasil dari penyidikan, diketahui aliran dana  masuk ke Koperasi TKBM tersebut. Selain aliran dana yang masuk ke kas Koperasi, ungkap Mashudi, Koperasi TKBM tersebut juga diketahui Illegal tidak berbadan hukum alias tidak terdaftar di Kementerian.

“Yang jelas, berkasnya masih dilengkapi dan akan dikirim bersama RP dan Is masing-masing ketua dan sekretaris Koperasi TKBM,” pungkasnya.

Kasus ini menjadi perhatian publik, karena Retno Pramudya adalah mantan anggota, DPRd Prov Kalbar, Ketua Komisi A – yang dimasa menjadi anggota dewan, paling greget menyoroti masalah Pungli. Dia juga Ketua DPW Assosiasi Pengusaha Truck Indonesia (Aptrindo) Kalbar. (Artikel terkait > 20 Desember 2016 > Peristiwa: Apa Sangkut Paut Mantan Anggota DPRD Kalbar Ini dalam OTT Saber Pungli di Pelabuhan Pontianak?) *borneonusantaratime

*editor: eaz



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *