Walikota Pontianak akan Rantai Sepedamotor Anak SMP


Sutarmidji-Merantai-Sepedamotor-Anak-SMP
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-BNT-Baru-2016 - Copy - Copy“Mulai 1 September 2016, Walikota Pontianak – Sutarmidji akan menerapkan sanksi tegas merantai sepedamotor pelajar SMP, walaupun kendaraannya diparkir di luar lingkungan sekolah. “

BEBERAPA waktu sebelumnya, Pemerintah Kota Pontianak melarang pelajar SMP dan sederajat menggunakan sepedamotor ke sekolah, tapi ditemukan masih banyak yang melanggar larangan itu.

Pihak sekolah merespon larangan tersebut, namun dijadikan peluang mencari uang oleh sementara warga sekitar sekolah dengan menyediakan lahan parkir berbayar di sekitar rumahnya.

“Saya akan kunci dengan rantai kendaraan mereka supaya jera dan tidak lagi berkendara sepedamotor ke sekolah ,” tegasnya. “Kalau perlu, penyedia lahan parkir di sekitar sekolah akan kita beri sanksi,” tambahnya.

Walikota Sutarmidji menegaskan, pelajar setingkat SMP belum boleh menggunakan sepedamotor, karena usianya belum cukup untuk mengantongi SIM (Surat Izin Mengemudi), sehingga rawan kecelakaan lalu-lintas.

“Mereka hanya boleh menggunakan sepeda atau diantar oleh orang yang sudah memiliki SIM,” tegasnya. Untuk itu Sutarmidji minta, para orangtua menyadari untuk memberikan pendidikan taat aturan sejak dini kepada anak-anak mereka.

“Pemkot Pontianak akan mengupayakan menyediakan angkutan umum jenis bus setelah semua jalan kita perlebar, haltenya kita persiapkan. Nanti akan ada bus, baik untuk pelajar maupun umum,” tutur walikota Pontianak dua priode itu.

Bagi siswa SMA dan sederajat, Sutarmidji menganjurkan supaya sesama siswa silih berganti saling antar jemput apabila rumah mereka jalannya searah. Misalnya, dalam sepekan siswa A yang memakai sepedamotor dan menjemput si B, sepekan kemudian giliran si B yang  bersepedamotor dan menjemput si A.

“Dengan demikian, selain  menghemat bahan bakar, juga dapat meminimalisir kemacetan dan polusi udara,” tutup Sutarmidji.*borneonusantaratime



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *