Resmi Tipe A, Polda Kalbar akan Tambah Dua Polres


Peresmian-Polda-Kalbar-Dari-Tipe-A-ke-Tipe-B(Jon)
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-bnt-lingkar“Kenaikan tipe Polda Kalbar dari tipe B ke tipe A, peresmiannya ditandai dengan penandatanganan secara seremonial oleh Irwasum Mabes Polri – Komjen  Dwi Priyano.”

DALAM kesempatan yang disenggarakan, Senin (22 Agustus 2016) pagi di lapangan Januraga Mapolda Kalbar itu, Irwasum – Komjen Dwi Priyono mengatakan,  ada dua Polda yang naik tipe dari B menjadi tipe A, yakni Polda Kalbar dan Polda Sulsel. Ia berharap,  dengan peningkatan Tipe ini kinerja aparat yang ada meningkat.

“Dengan demikian, situasi Kamtibmas juga makin kondusif dan menunjang pembangunan di daerah sini,” katanya.  Dengan peningkatan tipe ini, maka akan ada penambahan Polres baru,  di Kabupaten Kayong Utara (pemekaran Kab. Ketapang) dan Kabupaten Kubu Raya (pemekaran dari Kabupaten Mempawah). Persoalan ini, dikatakan,  juga telah disampaikan kepada Kemenpan.

“Insya Allah dalam waktu dekat Polresnya sudah ada, untuk personel selain melalui rekrutmen,  tentunya nanti dari Polda juga akan ada yang digeser. Sementara ini, kan baru sepuluh ribu lebih (personel), nanti akan ditambah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Irwasum, untuk menunjang kinerja Polda Kalbar – pemerintah  juga akan menambah fasilitas dan anggaran secara nasional berada di ranking ketiga.

Di kesempatan menyampaikan sambutan Kapolri – Jendral Tito Karnavian, Irwasum menyampaikan, Kapolri berharap agar Polda Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia memperketat pengamanan terutama dalam peredaran Narkoba.

Dikatakannya, kedepan juga tengah dibahas peningkatan Polda Lampung, pembentukan Polda Kalimantan Utara maupun pembentukan Polres-Polres baru sesuai dengan kebutuhan di Indonesia.

“Peningkatan tipe polda Kalbar ini sudah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan, untuk memastikan telah terpenuhi kriteria dan persyaratan meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan Kamtibmas serta kecenderungannya dan kesiapan jumlah personel termasuk dukungan dari masyarakat dan pemerintah,” kata Dwi Priyono.

Peningkatan tipologi Polda, jelasnya, juga membawa konsekuensi pada penambahan personel secara kuantitas. Hal ini hendaknya, turut diiringi dengan peningkatan kualitas sumber daya Polri,  serta diimbangi dengan pelaksanaan reformasi yang masih terus berproses.

(Artikel terkait > 17 Agustus 2016 > Pemerintahan: “Naik Tipe Naik Pangkat”)

Dalam kesempatan peresmian perubahan tipe tersebut, Gubernur Kalbar – Cornelis  mengatakan, dengan peningkatan tipe dari B menjadi A, maka beban dan tanggung jawab Polda Kalbar akan meningkat.  Dikatakannya, tipe dengan peningkatan situasi dan Kamtibmas di Kalbar sangat berkaitan.

“Kita merupakan daerah yang sangat strategis, dan pelayanan juga harus lebih cepat, sehingga masyarakat bisa terlayani. persoalan di Kalbar ini bukan hanya masalah daerah, namun persoalan internasional juga ada di sini. Dengan tipenya naik, otomatis pelayanan menjadi lebih baik,” katanya.

Terkait dengan peningkatan Tipe ini, dikatakannya pula,  tentu saja pemerintah sangat mendukung. namun untuk pendanaan sepenuhnya – itu  menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Selain dihadiri oleh  Gubernur Kalbar – Cornelis, Kapolda Kalbar – Irjend  Musyafak, dan para perwira utama di jajarannya, juga para bupati dan walikota serta tokoh masyarakat di Kalbar. *borneonusantaratime

*editor: effendy asmara zola



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *