Tatacara Sholat Gerhana Matahari Total


IlustrasiIlustrasi
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-BNT-Baru-2016 - CopyGerhana Matahari Total yang tengah ramai diperbincangakan, adalah sebuah fenomena alam langka yang hanya terjadi di Indonesia, Rabu, (9 Maret 2016).”

BAGI umat Muslim, dengan datangnya gerhana ini harus dijadikan cambuk supaya kembali mengingat Allah SWT dengan melakukan Shalat Gerhana Matahari, baik sendiri maupun berjamaah.

Seperti diungkapkan oleh pihak BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), jika kita ingin melihat Gerhana yang akan terjadi Rabu (9 Maret) tsb., maka kita harus menunggu waktu sekitar 350 tahun. Artinya, gerhana kali ini menjadi sangat luar biasa, dan dipastikan Indonesia akan disorot oleh dunia.

Menurut pihak BMKG, tidak semua wilayah bisa melihat Gerhana Matahari Total, hany akan terjadi di 11 provinsi : Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Bagi kita umat Islam, jangan hanya tergoda dengan fenomena ini, melainkan menjadi peringatan supaya lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nah, bagi yang lupa tata cara Shalat Gerhana Matahari, kami sampaikan di sini dari berbagai sumber, semogabermanfaat.

Tata Cara Niat Sholat Gerhana Matahari:

  1. Membacakan Niat, Khusu Untuk Gerhana Matahari yaitu :

أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku Berniat Shalat Sunat Gerhana Matahari, 2 Rakaat, (Makmum) Karena Allah Ta’ala”

  1. Sholat gerhana Matahari maupun bulan hanya 2 rakaat,
    3. Untuk 1 Rakaat terdiri dari 2 kali Ruku dan 2 kali sujud, begitu juga dengan rakaat kedua.
    3. Sesudah rukuk pertama dari setiap rakaat kembali membaca Qs Al-Fatihah juga surat.
    4. Disunnahkan, untuk rakaat pertama dan rakaat kedua surat yang dibacakan harus lebih panjang daripada surat kedua. Kerjakan sampai Salam
    5. Terakhir, disunahkan mendengarkan khutbah jika berjamaah.

*borneonusantaratime/sebatasberita      



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *