Siapa Pengucur Dana Terbesar Pembangunan Jembatan Kapuas Tayan?


(Foto: Kang Anwar Blog)(Foto: Kang Anwar Blog)
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-BNT-Baru-2016 - Copy“Sebelum peresmian Jembatan Kapuas Tayan,  Tim Komunikasi Presiden – Ari  Dwipayana, mengemukakan secara ringkas tentang besaran dan sumber dana pembangunanannya.”  

DIKATAKANNYA, bahwa jalan dan jembatan sepanjang 1.650 meter  dibangun dengan total biaya Rp.1,028 triliun, merupakan bagian dari Jalan Trans Kalimantan poros selatan – yang  menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.

Ia menyebutkan, uji coba pengoperasionalan jembatan ini sudah dilakukan sejak 19 Februari 2016, setelah dinyatakan telah selesai pada awal Desember 2015. Dilanjutkan secara berurutan dengan uji teknis pada bulan Desember 2015 oleh Tenaga Ahli Komite Jembatan Nasional, dan bulan Januari 2016 oleh Tim Teknis Ditjen Bina Marga Kementerian PU PR, serta  peninjauan oleh  Gubernur Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Sanggau.

Dwipayana mengungkapkan, berdasarkan penjelasan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jembatan Tayan,   khusus jembatan pembangunannya memakan waktu selama  1.151 hari kalender dengan biaya pembangunan sebesar Rp 835.204.061.290,00.

Panjang jembatan 1.420 meter, lebar 11,50 meter, pelaksana  China Road and Bridge Corpotartion –Wijaya Karya (Persero) Joint Operation, sumber pembiayaan terbesar berasal dari dana Loan China 90 % dan GOI 10%.

Dengan adanya jembatan ini, diharapkan pergerakan ekonomi di kawasan akan makin meningkat, seiring dengan makin terkoneksinya dua provinsi, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. *borneonusantaratime



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *