Pesan Mendikbud, Kalau Kabut Asap Memang Pekat Jangan Paksakan Anak Masuk Sekolah


Bernapas Dalam Asap (Yutube)Bernapas Dalam Asap (Yutube)
[ A+ ] /[ A- ]

Logo-Borneo-Nusantara-Time-HD-(1)- - PNG-Like“Menteri Pendidikan Dasar & Menengah dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyerukan kepada orang tua siswa dan para pendidik, agar kesehatan siswa menjadi prioritas.”

MENURUT Mendikbud, sekolah yang berada di wilayah terdampak asap pekat tidak perlu memaksakan siswa untuk bersekolah. Ia menyebutkan agar para orangtua tidak perlu kuatir dengan ujian nasional. Dia menjamin pihaknya akan memberikan dispensasi bagi daerah yang telah banyak meliburkan sekolah akibat kabut asap, termasuk menjadwal ulang jadwal kalender akademik semester jika akumulasi libur sudah mencapai 28 hari.

“Kepala Dinas dan para orangtua wajib mengawasi. Jika masih ada sekolah yang bandel, maka kepala dinas bisa menindak dan memberi sanksi,” ujarnya saat dijumpai di Jambi (27 Oktober 2015). Ia menambahkan, bahwa materi yang akan diujikan sesuai dengan apa yang selama ini dipelajari oleh siswa.

Anies mengatakan, kesehatan anak adalah nomor satu. Dia menginstruksikan jika kondisi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada angka 200, maka anak-anak PAUD, TK, hingga SD wajib diliburkan. Sementara jika ISPU menyentuh angka di atas 300 maka seluruh jenjang pendidikan wajib diliburkan.

Mendikbud - Anies Baswedan.

Mendikbud – Anies Baswedan.

Kabut Asap, Pontianak- Kalbar.

Kabut Asap, Pontianak- Kalbar.

Anies juga menyebutkan pihaknya sedang memikirkan sekolah aman asap. Menurutnya, sekolah harus didesain agar siswa dapat belajar dan terhindar dari kabut asap. “Ruang belajar mesti terlindungi dari asap dan udaranya tetap bersih.”

Saat ini pihaknya mengaku sedang mempersiapkan teknologi tepat guna di setiap sekolah untuk mengisolasi dan membersihkan udara, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terus berlangsung meski lingkungan dikepung kabut asap.

Mendikbud Anies Baswedan bersama empat menteri lain khusus datang ke Jambi saat itu untuk menengok persiapan evakuasi dan ruang singgah bagi warga. Menteri lainnya yang berangkat bersama dengan Anies adalah Menkopolhukam – Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan – Siti Nurbaya, dan Menkes – Nila  F Moeloek. Empat pejabat tinggi lainnya juga ikut dalam rombongan yakni: Ketua DPR RI, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BNPB.

Rombongan ini berkunjung ke Jambi sebelum Presiden Jokowi memulai lawatannya untuk inspeksi kabut asap beberapa hari yl. *borneonusantaratime/mongabay

 



Komentar anda:

komentar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *