Tips Hilangkan Bau Amis pada Peralatan Dapur


Dapur Anda. (Ilustrasi)Dapur Anda. (Ilustrasi)
[ A+ ] /[ A- ]

Saat baking atau cooking dengan bahan telur, hasilnya akan lebih lembut, mengembang dan lezat. Sayangnya, ia juga akan meninggalkan aroma yang tidak sedap dan amis. Bagaimana cara mengatasinya?”

MENYUCI dengan sabun saja tidak cukup untuk  menghilangkan aroma amisnya telur. Apabila Anda  ingin semua alat-alat masak Anda bersih dan bebas dari bau amisnya telur, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk itu. Berikut beberapa solusinya :

Taburi dengan tepung

Sebelum dicuci dengan sabun, taburi dengan sedikit tepung dan lap menggunakan tissue sisa telur yang masih menempel. Kemudian baru cuci seperti biasa dan keringkan.

Rendam dengan sari jeruk nipis

Teteskan sedikit jeruk nipis, tambahkan air hangat dan diamkan selama beberapa menit. Cuci seperti biasa menggunakan sabun sehingga aroma amisnya akan hilang.

Air perasan jeruk nipis juga ampuh digunakan untuk menghilangkan  bau amis yang melekat di piring sebelum kemudian dicuci seperti biasa dengan sabun.

Bubuhi cuka

Larutan yang mengandung asam pada dasarnya bisa menghilangkan bau amis pada piring dan peralatan makan / dapur dsb. Untuk itu gunakanlah cuka masak dan teteskan sedikit sambil direndam dengan air cucian biasa. Diamkan selama 5 menit, lalu cuci dengan sabun dan air mengalir.

Untuk menggantikan cuka sebagai sabun cuci, Anda juga bisa menggunakan ½ gelas cuka dengan ¼ gelas air, lalu rebus campuran ini selama 5 hingga 10 menit. Nah, air rebusan tersebut dapat digunakan untuk menyuci piring tanpa meninggalkan bau amis sedikit pun.

Menggunakan baking soda

Bubuhkan baking soda dan tambahkan air. Diamkan selama beberapa menit, wadah Anda akan jauh lebih bersih dan aroma amisnya hilang.

Ampas Kopi

Nah, ini cara yang paling sederhana dan mudah. Jika Anda suka minum kopi, jangan buang ampasnya.   Ampas kopi bermanfaat sebagai pengganti sabun cuci penghilang bau amis pada piring. Anda hanya perlu merebus ampas kopi tersebut dengan air selama 5 hingga 10 menit. Air ampas rebusan itu pun sudah siap Anda gunakan untuk menyuci piring dengan hasil tanpa menyisakan bau amis.  Selamat menyoba dan berbagi tips. *bntime/vemale



Komentar anda:

komentar




Comments are closed.