Lonceng Kematian Koperasi di Kalbar, Banyak Cuma Papan Nama


Kadis Koperasi Kalbar - Ignatius Ik.(Foto by: Ahmad Almadani)
[ A+ ] /[ A- ]

Di Kalimantan Barat ada sekitar 4.000 lebih koperasi, yang aktif  duaribuan saja, sisanya hanya terdata dan tidak melaksanakan sebagaimana layaknya koperasi, bahkan ada yang dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.”

HAL tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM – Usaha Micro Kecil dan Menengah Provinsi Kalbar,   Ignasius  IK saat memberikan sambutan dan membuka Pra RAT (Rapat Anggota Tahunan)  salah satu koperasi kredit – CU di Aula Polnep – Politeknik Negeri Pontianak baru-baru ini.

Untuk Hal tersebut lanjut Ignasius,  pemerintah membentuk lembaga pengawas koperasi.

“Dengan adanya lembaga pengawas koperasi maka pengawasan yang selama ini ada di Dinas Koperasi akan dialihkan ke lembaga ini,” kata Ignasius.

Untuk Kalimantan Barat memang belum dan akan segera dibentuk, mengingat banyaknya koperasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya dan dimanfaatkan oleh kepentingan diri sendiri.

Sementara untuk upaya merevitalisasi koperasi yang ada disampaikan olehnya, bahwa sebagian besar koperasi primer merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten dan kota. Untuk hal tersebut, pihaknya akan melakukan koordiasi dan pertemuan guna menentukan langkah-langkah tepat atau tritmens yang bisa di jalankan. *bnt

Editor: Effendy Asmara Zola

(Visited 7 times, 1 visits today)

Comments are closed.